Alasan Merasa Lapar dan Lelah Selama Menyusui

Alasan Merasa Lapar dan Lelah Selama Menyusui sebenarnya tidak perlu membuat wanita hawatir. Ini adalah hal yang normal dan dialami oleh hampir semua ibu menyusui.

Pada saat menyusui, terlebih lagi jika menyusui secara eksklusif, mungkin akan mengalami keluhan lelah dan mudah lapar. Ada banyak sekali alasan yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Akan saya bahan dibawah

Alasan Merasa Lapar dan Lelah Selama Menyusui

Alasan Merasa Lapar dan Lelah Selama Menyusui

Dibawah ini adalah beberapa alasan yang menyebabkan para wanita menyusui lebih mudah merasa lelah dan lapar :

  • Kurangnya Asupan Kalori

Salah satu alasannya adalah karena bertambahnya kebutuhan kalori. Saat menyusui, wanita akan menghasilkan sekitar 450-1200 ml ASI, dan untuk itu, tubuh akan membakar sekitar 300-800 kalori per harinya. Jumlah kalori yang terbakar tersebut setara dengan bersepeda selama 3-4 jam. Maka, wajar saja kalo wanita akan lebih mudah lapar dan lelah selama menyusui.

  • Mengkonsumsi Makanan Manis

Rasa lapar dan lelah selama menyusui juga dapat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Salah satunya adalah kebiasaan menyantap makanan cepat saji yang rendah serat, dan makanan manis yang tinggi gula.

Alasannya adalah karena kebiasaan mengkonsumsi makanan manis dalam jumlah yang berlebihan akan meningkatkan kadar gula darah yang memicu produksi insulin. Efeknya, gula darah akan masuk ke dalam sel dengan cepat, sehingga terjadi penurunan kadar gula darah yang akan memicu rasa lapar. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kurang serat juga akan membuat tubuh merasa lapar.

  • Kurang Waktu Tidur

Para wanita akan sering terbangun dimalam hari untuk menyusui, sehingga waktu tidur akan berkurang.

Selain membuat cepat lelah, kurang tidur juga dapat memicu rasa lapar. Alasannya, saat kurang tidur, hormon yang mengontrol rasa lapar juga akan ikut terpengaruh.

  • Pengaruh Hormon Oksitosin dan Proklatin

Pada saat menyusui, terjadi peningkatan produksi hormon oksitosin dan proklatin. Peningkatan kadar kedua hormon ini diperlukan agar tubuh dapat memproduksi ASI yang dibutuhkan oleh bayi.

Tetapi, efek lain yang dapat terjadi akibat peningkatan kadar hormon tersebut adalah meningkatnya rasa haus, lapar, dan mengantuk. Biasanya, keluhan ini akan muncul sesaat setelah wanita menyusui.

Diatas itulah beberapa Alasan Merasa Lapar dan Lelah Selama Menyusui, Semoga bermanfaat

 

BINTANG JAYA HERBAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat