Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ketika badan mulai terasa tidak enak dan serasa akan sakit, itu bisa dikarenakan Imunitas tubuh yang lemah. Maka dari itu inilah Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh agar tidak mudah sakit dan tidak mudah terserang virus yang membuat masalah kesehatan datang.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sistem Imunitas atau Daya Tahan Tubuh mempunya peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan sangat baik agar bisa melindungi tubuh sejak pertama kali kuman atau virus masuk. Oleh sebab itu, mempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat sangatlah penting.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ada banyak sekali cara yang dilaukan untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk dalam menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress, sampai mengkonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Supaya imunitas tubuh tetap bekerja dengan optimal sehingga tidak mudah terserang penyakit, sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Dibawah ini ada beberapa langka yang bisa anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

  • Konsumsi Sayur dan Buah

Disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukan, orang yang banyak mengkonsumsi dua jenis makanan tersebut senderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung didalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  • Cukup Istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sangat penting untuk tidur atau istirahat yang cukup. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

  • Menghindari Stres

Stres yang tidak terkendali dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kostiasol ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Maka dari itu, anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

  • Rutin Berolahraga

Disarankan untuk rutin dalam melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebihan dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok mempunyai risiko yang tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko terkena infeksi paru akan semakin besar.

Kandungan Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain menerapkan pola hidup sehat diatas, beberapa orang juga memilih untuk mengkonsumsi suplemen kesehatan dalam meningkatkan imunitas tubuh. Mengkonsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan dalam melengkapi kurangnya nutrisi yang dihasilkan oleh makanan.

Sebelum mengkonsumsi suplemen, anda harus memperhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut. Dibawah ini ada beberapa kandungan yang dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Yaitu :

  • Echinacea

Suplemen yang mengandung Echinacea cukup direkomendasikan. Selain mampu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan ini juga dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. Olehkarena itu, kandungan echinacea dapat membantu tubuh melawan virus penyebab flu, membantu pertumbuhan sel, serta mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.

  • Morinda Citrifolia ( Buah Mengkudu )

Buah mengkudu mengandung berbagai macma zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti kalium yang terkandung pada buah ini mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta memperbaiki kerusakan sel. Tetapi, yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, atau liver disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen yang mengandung mengkudu. Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi suplemen ini.

  • Phylantus atau Daun Meniran

Meskipun memerlukan penelitian lebih lanjut, daun meniran dianggap mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun meniran, berfungsi melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh.

  • Mengandung Vitamin B6, C, dan E

Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan Vitamin E cukup direkomendasikan. Ketiga vitmain ini dapat memberi manfaat untuk  tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Memang menerapkan pola hirup sehat merupakan langkah terbaik dan Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh yang paling direkomendasikan. Tetapi pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan.

Untuk anda yang memang ingin mengkonsumsi suplemen kesehatan untuk meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkain dengan kondisi kesehatan dan dosis yang tepat. Semoga bermanfaat

Bintang Jaya Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat