Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Beberapa pilihan Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak tidak boleh sembarangan, karena konsumsi makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan kondisi jantung bengkak menjadi lebih buruk. Untuk mengetahui makanan apa saja yang baik bagi penyakit jantung bengkak, mari baca dibawah ini.

Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Jantung bengkak atau kardiomegali umumnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau penyakit jantung koroner. Pada kondisi ini, jantung tidak lagi dapat memompa darah dengan baik. Akibatnya, sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan banyak cairan yang tertahan didalam tubuh.

Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Makanan yang baik untuk penderita jantung bengkak pada dasarnya adalah makanan yang memiliki kadar garam rendah. Maka dari itu, jika mengalami kondisi ini, disarankan untuk menjalani diet rendah garam.

Garam merupakan mineral yang ditemukan secara alami dalam makanan. Garam mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh. Tetapi, jika konsumsinya berlebihan, garam dapat menahan lebih banyak cairan didalam tubuh sehingga menaikkan tekanan darah dan memperparah kondisi jantung bengkak.

Makanan untuk para penderita jantung bengkak disarankan mengandung garam yang tidak lebih dari 1.500mg (½ sendok teh) per hari. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan gejala penyakit yang dialami dan mencegah timbulnya masalah lebih lanjut pada jantung.

Berikut dibawah ini ada beberapa makanan untuk penderita jantung bengkak yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung sedikit garam.

  • Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan, seperti mentimun, selada, alpukat, seledri, apel, jeruk, pisang, adalah jenis makanan yang baik untuk penderita jantung bengkak. Beberapa buah bahkan berkahsiat untuk menurunkan tekanan darah, utamakanlah membeli sayur dan buah yang segar dibandingkan yang dibekukan.

  • Daging

Daging yang diolah dan dimasak sendiri, seperti ikan, ayam, atau sapi, juga baik untuk penderita jantung bengkak. Beli daging yang masih mentah dan segar. Kalian harus teliti ketika membeli daging kemasan dari supermarket karena biasanya ada daging yang sudah ditambahkan garam sebagai bagian dari proses pengemasan.

Untuk mengantisioasinya, baca terlebih dahulu label informasi gizinya. Jika kadar garam kurang dari 5%, daging tersebut aman untuk dikonsumsi penderita jantung bengkak.

  • Sereal

Sereal seperti Oatmeal salah satu pilihan makanan sehat untuk para penderita jantung bengkak, sebab makanan yang satu ini tidak mengandung banyak garam dan tinggi serat. Pilihlah jenis oatmeal tawar dan sajikan dengan buah atau kacang-kacangan.

  • Produk Olahan Susu

Produk olahan susu yang alami, seperti susu dan yoghurt, biasanya mengandung sedikit garam sehingga dapat dikonsumsi dengan aman. Tetapi, berhati-hatilah dalam produk olahan susu seperti keju dan butter. Pilihlah produk yang akdar garamnya rendah atau kurang dari 5%.

Selain tepat, bahan makanan yang dipilih juga harus segar. Saat mengolahnya, kurangi tambahan garam dan penyedap rasa. Jauhi juga makanan kaleng atau olahan karena makanan jenis tersebut memiliki kadar garam yang tinggi.

Dengan membatasi asupan garam, dapat mengurangi jumlah cairan yang tertahan ditubuh, sehingga tekanan darah tetap terjaga dan beban kerja jantung berkurang. Selain itu, penderita jantung bengkak disarankan untuk membatasi asupan cairan hingga maksimal 1,5 liter per hari. Jika perlu, bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui berapa jumlah cairan yang harus tercukupi setiap hari.

Pola Hidup Sehat Untuk Penderita Jantung Bengkak

Di samping mengkonsumsi makanan untuk penyakit jantung bengkak, juga disarankan untuk menjadi pola hidup sehat agar kesehatan jantung tetap terjaga. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

  • Olahraga Rutin

Olahraga ringan, seperti berjalan pagi, jogging, berenang, dan bersepeda, jika dilakuan secara rutin selama 30 menit setiap harinya dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah perburukan kondisi jantung bengkak.

  • Konsumsi Makanan Kaya Serat

Mengkonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran, kacang-kacangan, serta buah segar dapat menyehatkan saluran cerna dan mencegah kadar gula darah dan kolesterol tinggi yang dapat memperburuk kondisi jantung berkak. Konsumsilah setidaknya 25-35 gram serat setiap harinya.

  • Jauhi Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat mempengaruhi detak jantung dan memperparah kondisi jantung bengkak. Untuk itu, disarankan agar tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

  • Jagar Berat Badan

Jika memiliki berat badan berlebih, disarankan untuk menurunkannya, karena menjaga berat badan ideal dapat mencegah perburukan kondisi jantung bengkak. Kalian dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan diet yang baik dalam menurunkan berat badan.

Selain itu, jangan lupa memeriksakan kondisi secara berkala ke dokter jantung. Pastikan juga mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan secara teratur.

Semoga saja artikel yang sudah saya tulis diatas mengenai Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak dapat bermanfaat untuk kita semua.

BINTANG JAYA HERBAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat