Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Anak

Di daerah Indonesia, terdapat banyak jenis ikan yang aman dan baik dikonsumsi oleh anak. Salah satunya adalah ikan lele. Selain rasanya yang nikmat, ikan lele juga mempunyai bayak manfaat. Untuk itu, disini saya akan menjelaskan bagaimana Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Anak yang sangat baik dan bisa dimasukan kedalam menu makan harian.

Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Anak

Alasan paling utama, kenapa ikan lele sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan didalamnya yaitu Protein, Lemak, Kalsium, Selenium, Fosfor, Natrium, Kalium, serta beberapa vitamin seperti Vitamin A, B1, dan B12.

Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Anak

Meskipun mempunyai bau yang amis, ikan lele adalah sumber protein hewani yang sangat baik untuk proses tumbuh kembang anak. Selain itu, ada beberapa manfaat ikan lele yang bisa didapatkan jika anak rutin mengkonsumsinya, yaitu :

  • Mencerdaskan Otak

Lemak dalam ikan lele terdiri dari banyak asam lemak omega-3. Ini merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk anak dapatkan dari makanannya. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan lele sangat baik untuk mencerdaskan otak dan menghindarkan anak dari gangguan daya ingat atau mudah lupa.

  • Meningkatkan Kekuatas dan Daya Tahan Tubuh

Kandungan protein pada ikan lele dapat menjadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas anak sehari-hari. Selain itu, protein juga berperan penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot dan sistem imun, serta menjadi bahan penyusun beragam hormon dan enzim tubuh.

Dalam 100 gram ikan lele terkandung sekitar 18 gram protein, sedangkan kebutuhan protein harian untuk anak berusia kurang dari 4 tahun hanya sebanyak 13 gram. Jadi dengan membagi 100 gram ikan lele ke dalam 3 porsi waktu makannya, dapat memenuhi kebutuhan anak dalam sehari.

  • Mencegah Anemia

Ikan lele sebanyak 100 gram dalam sehari sudah mencukupi asupan vitamin B12 harian. Vitamin B12 yang terkandung didalammnya mempunyai peranan penting dalam produksi sel darah merah. Oleh karena itu, vitamin ini penting untuk dicukupi kebutuhannya dalam mencegah anemia pada anak.

  • Menyehatkan Tulang dan Gigi

Ikan lele merupakan salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang sangat mudah dijumpai. Vitamin D dan kalsium berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang dan gigi anak.

Dengan mencukupi kebutuhan harian vitamin dan mineral sejak masa pertumbuhan, tulang dan gigi bisa tumbuh dengan optimal, serta risiko mengalami osteoporosis dan masalah gigi di kemudian hari akan berkurang.

  • Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Untuk menjaga jantung agar tetap sehat, asupan protein dan asam lemak omega 3 dari ikan lele bisa menjadi salah satu kuncinya.

  • Melindungi Sistem Saraf

Ikan lele merupakan jenis ikan yang rendah merkuri. Dalam kadar yang tinggi, merkuri bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti kerusakan saraf, terutama pada anak-anak.

Untuk itu, karena lele rendah akan kandungan merkuri. Anak jadi tetap bisa mendapatkan manfaat ikan tanpa berisiko mengalami gangguan karena kelebihan merkuri.

Dengan mengetahui Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Anak diatas, tidak ada salahnya jika memasukan ikan ini kedalam menu makan harian. Tetapi harus diolah secara sehat dan benar apalagi beragam cara. Karena, anak biasanya suka cepat bosan. Semoga bermanfaat

BINTANG JAYA HERBAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat