Mengenali Ciri-Ciri dan Mengatasi Stres Berat

Tentunya anda harus mengetahui, Mengenali Ciri-Ciri dan Mengatasi Stres Berat agar dapat melihat siapa saja dan bagaimana untuk mengatasi stres tersebut, supaya tidak berlangsung lama dan terhindar dari depresi yang dapat mengancam kesehatan jiwa, dan nyawa.

Stres berat dapat terjadi jika orang mengalami tekanan mental atau emosional yang berlebihan. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa langsung menyadari bahwa dia sedang menderita stres berat. Kondisi ini dapat dideteksi dan ditangani akan tetapi kita harus mengenali ciri-cirinya.

Mengenali Ciri-Ciri dan Mengatasi Stres Berat

Stres berat dapat disebabkan oleh beberapa macam, mulai dari beban pekerjaan, masalah keluarga, kehilangan orang tersayang, atau bisa juga terlilit hutang dan yang lainnya.

Mengenali Ciri-Ciri Stres Berat

Stres berat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mulai dari emosi, perilaku, kemampuan berpikir, hingga kesehatan. Sebeleum menimbulkan masalah yang lebih serius dan luar, penting sekali untuk mengatasi ciri-ciri stres berat agar kondisi ini dapat segera ditangani.

Ciri-Ciri Stres Berat Yaitu :

  • Mudah gelisah, merasa frustasi, dan sering terlihat murung
  • Mudah tersinggung
  • Merasa dirinya tidak baik dan tidak berharga serta merasa sangat tertekan
  • Tidak dapat berpikir dengan tenang
  • Tidak berenergi atau bergairah
  • Tidak bisa tidur atau mengalami insomnia
  • Mudah sakit
  • Sering sakit kepala
  • Sering mengalami gangguna pencernaan, seperti kembung, diare, dan sembelit
  • Nafsu makan berkurang atau tidak memiliki nafsu makan

Beberapa Cara Mengatasi Stres Berat

Stres berat yang tidak tertangani dengan baik dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, penyakit asam lambung, asma, dan penyakit mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Untuk mengatasi stres berat, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Berpikir Positif

Memang tidak mudah, akan tetapi tetap harus berusaha untuk berpikir positif terhadap masalah yang sedang anda hadapi. Cobalah untuk mengingatkan atau memberi motivasi kepada diri sendiri mengenai hal-hal positif yang anda miliki dan harus di syukuri. Cara ini dapat mengurangi stres berat yang anda alami.

  • Tulis Buku Harian

Menuangkan segala keluh kesah kedalam sebuah tulisan mampu membantu meringankan stres. Dengan menuliskan segelah keluh kesah anda, kekhawatiran yang anda rasakan dapat berkurang, bahkan dapat memahami dan mengelola emosi lebih baik setelahnya.

  • Ceritakan Kepada Orang Terdekat

Jangan pernah memendam masalah sendiri, tetapi cobalah ceritakan apa yang kalian alami dan rasakan kepada keluarga atau sahabat. Dengan bercerita kepada orang terdekat, beban yang anda rasakan akan dapat berkurang.

  • Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup juga dapat membantu anda mengatasi stres berat. Mendengarkan musik sebelum tidur dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks. Selain itu, anda juga bisa mandi dengan air hangan menjelang waktu tidur.

  • Liburan

Untuk mengurangi stres berat, ambillah cuti bekerja untuk pergi liburan. Hal ini dapat membuat pikiran menjadi lebih segar, sehingga stres dapat berkurang.

Sebelum anda pergi ke Psikolog, sebaiknya coba terlebih dahulu cara-cara diatas yang mungkin saja dapat mengilangkan stres berat anda. dan jika belum hilang juga, maka segeralah pergi ke Psikolog untuk bisa mendapatkan pemecahan masalah yang sedang anda alami.

Semoga saja artikel Mengenali Ciri-Ciri dan Mengatasi Stres Berat ini dapat bermanfaat untuk anda yang membaca dan untuk saya sebagai penulis.

Bintang Jaya Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat