Mengetahui Manfaat Semangka untuk Bayi

Tentunya, ada harus Mengetahui Manfaat Semangka untuk Bayi, karena semangka ini merupakan buah-buahan yang sangat kaya akan kandungan Vitamin dan sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan bayi. Semangka dapat diberikan pada bayi yang berumur lebih dari 6 bulan.

Mengetahui Manfaat Semangka untuk Bayi

Selain menyegarkan, semangkan ini mempunyai beberapa jenis kandungan yang sangat sehat untuk tubuh seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Kalsium, Magensium, Zat Besi, dan Fosfor.

Tidak hanya itu, teksturnya yang tidak keras dan kandungan air yang tinggi membuat buah satu ini mudah dikonsumsi oleh bayi yang baru belajar makan. Jadi tidak salah, jika menjadikan semangka sebagai salah satu pilihan buah, sebagai MPASI untuk bayi.

Mengetahui Manfaat Semangka untuk Bayi

Dibawah ini, ada beberapa sejumlah manfaat semangka untuk bayi yang memang harus diketaui, yaitu :

  • Menjaga Kadar Cairan Tubuh

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung air cukup tinggi. Saat bayi yang sudah MPASI, mengkonsumsi semangka maka kecukupan cairannya bisa terpenuhi. Hal ini dapat membantu bayi terhindar dari dehidrasi.

  • Menjaga Kesehatan Mata dan Memperkuat Sistem Imun

Semangka merupakan buah yang kaya dengan kandungan berbagai vitamin. Kandungan vitamin A pada semangka sangat baik untuk kesehatan mata bayi. Sedangkan kandungan vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, vitamin A, B6 dan C dalam semangka berperan dalam memperkuat sistem imun dan menjaga kulit bayi tetap sehat.

  • Menjaga Konstipasi

Semangka juga bermanfaat untuk mencegah konstipasi pada bayi yang mulau MPASI. Hal ini dikarenakan kandungan air dan serat yang terkandung didalamnya.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Semangka juga memiliki kandungan citrulline dan lycopene yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jika dikonsumsi secara rutin seabgai menu MPASI, tentu manfaat ini juga bisa didapatkan oleh bayi.

Cara Tepat Membeikan Semangka pada Bayi

Meskipun semangka adalah buah yang baik untuk dikonsumsi oleh bayi, tetap harus memberikan dengan cara dan pada waktu yang tepat. Bayi dapat diberikan buah setelah melewati usia 6 bulan, dalam bentuk yang sudah dihaluskan. Pastikan juga bahwa bayi sudah memiliki gigi yang cukup, serta dapat mengunyah makanan dengan baik.

Pada saat pertama kali memberikan semangka pada bayi, jangan mencampurnya dengan makanan lain. Selain itu agar bayi mudah untuk mengunyah dan menelan buah ini, potong dalam ukuran yang kecil atau melumatkannya terlebih dahulu.

Terlepas dari berbagai manfaatnya, semangka mengandung fruktosa yang tinggi. Kandungan ini dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan sembelit. Segera bawa bayi ke dokter jika mengalami gejala tersebut setelah mengkonsumsi semangka.

Jika diberikan dengan tepat, tidak diragukan lagi bahwa buah semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Itulah beberapa manfaat semangka untuk bayi yang harus diketahui. Semoga bermanfaat

Bintang Jaya Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat