Tips Mengatasi Alergi Antibiotik pada Anak

Ibu tidak perlu khawatir, ini dia Tips Mengatasi Alergi Antibiotik pada Anak dengan cepat dan efektif tanpa harus khawatir dan panik. Tips ini merupakan cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja serta dimanapun.

Jika anak mengalami gejala ruam atau gatal-gatal setelah mengkonsumsi antibiotik, itu bisa menjadi tanda awal anak menderita alergi pada antibiotik. Tidak perlu khawatir, karena hal seperti ini bsia diatas dengan cepat dan efektik asalkan melalui penanganan yang tepat.

Tips Mengatasi Alergi Antibiotik pada Anak

Alergi Antibiotik adalah suatu reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap kandungan dalam obat antibiotik. Beberapa golongan obat antibiotik yang sering memicu reaksi alergi pada anak adalah penisilan dan sulfa.

Gejala Yang Biasa Timbul dari Alergi Antibiotik

Hampir sama dengan alergi pada umumnya, alergi antibiotik dapat ditandai dengan beberapa gejala dibawah ini :

  • Pusing
  • Mual dan Muntah
  • Ruam Kulit
  • Gatal-gatal pada Kulit
  • Sesak Napas
  • Pembengkakan pada Kelopak Mata dan Mulut

Gejala alergi antibiotik pada anak biasanya muncul antara 1-2 jam setelah minum obat. Namun setiap anak memiliki waktu reaksi alergi yang berbeda-beda.

Anak lebih berisiko mengalami alergi antibiotik jika ada riwayat keturunan alergi antibiotik, pernah memiliki riwayat alergi obat, alergi makanan, rinitis alergi, atau asma.

Tips Mengatasi Alergi Antibiotik pada Anak

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah alergi antibiotik pada anak, yaitu :

  • Menghentikan Konsumsi Antibiotik

Jika menemukan anak mengalami gejala alergi setelah mengkonsumsi antibiotik, sebaiknya hentikan penggunaan antibiotik tersebut dan segera cari bantuan medis.

  • Periksa ke Dokter

Saat anak di periksan ke dokter, ia akan diberikan pengobatan untuk meredakan reaksi alergi yang dialaminya. Kemudian dokter biasanya menganjurkan tes alergi pada anak, untuk mengetahui penyebab alergi secara tepat. Dengan begitu, dokter dapat memberitahukan obat antibiotik apa saja yang dapat menyebabkan alergi pada anak.

  • Hindari Memberikan Antibiotik yang Sama

Harus di catat dan di ingat nama antibiotik yang menyebabkan anak alergi. Jika sewaktu-waktu anak perlu mendapatkan pengobatan kembali, sampaikan riwayat alergi yang dimilikinya kepada dokter. Tujuannya agar dokter dapat menghindari pemberikan obat dari golongan antibiotik tersebut. Selain itu, berikan juga hasil tes alergi yang pernah dilakukan kepad adokter, agar bisa dilihat dan memberikan penangan yang tepat.

Maka dari itu, jika anak anda mengalami alergi setelah mengkonsumsi antibiotik, jangan langsung panik dan memberikan obat antibiotik lain dengan golongan yang sama. Tentunya, harus memeriksakan ke dokter agar dapat diberikan penangan yang terbaik dan tepat.

Semoga Bermanfaat

Ditulis Oleh : Bintang Jaya Herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat